Ciri-Ciri Kolesterol Kamu Tinggi

Di usia yang tak lagi muda banyak penyakit yang menyerang tubuh. Pengaruh cuaca lingkungan kerap andil bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu selalu jaga pola hidup sehat terutama di tengah pandemi. Setiap orang dihimbau untuk selalu menjaga kebersihan utamanya menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Ya, himbauan yang disebutkan adalah kiat supaya tubuh terhindar dari virus. Lalu bagaimana bila tubuh bereaksi atas apa yang selama ini dikonsumsi, kegiatan yang dilakukan sehari-hari, pola istirahat hingga faktor genetik?

Baca Juga : Manfaat Durian Bagi Anak-Anak

Beberapa orang mengalami penyakit bawaan seperti kolesterol. Bisa dibilang keturunan merupakan faktor risiko tinggi terkena kolesterol. Berawal dari kolesterol bisa merembet ke berbagai penyakit. Mungkin sebagian orang ada yang belum mengetahui apa itu kolesterol.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah senyawa lemak yang ada di dalam darah. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk memproduksi vitamin D, sel-sel sehat dan sejumlah hormon. Namun kembali lagi kepada segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Apabila kadar kolesterol meningkat justru hanya akan menimbun plak di sepanjang pembuluh darah menjadikan darah tersumbat.

Baca Juga : Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Betapa bahayanya apabila kolesterol meningkat. Oleh karena itu perlunya mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi supaya bisa mencegah atau meminimalisir agar tidak mendatangkan penyakit berbahaya lainnya.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol setiap orang berbeda-beda namun apabila telah mencapai 240 miligram perdesiliter setelah pemeriksaan darah maka wajib waspada karena bisa mendatangkan penyakit jantung, stroke dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Sakit kepala

Penyakit yang sering menghampiri setiap orang adalah sakit kepala. Pada penderita kolesterol sakit kepala akan sering terjadi dan letaknya berbeda yaitu hanya di belakang saja sehingga kepala akan terasa berat dan tersiksa.

 




 

  1. Mudah lelah dan ngantuk

Akibat peredaran darah yang tidak lancar sehingga kurangnya pemerataan. Tubuh jadi mudah lelah. Selain mudah lelah, rasa kantuk sering datang menyerang bukan karena tubuh terlalu banyak beraktivitas namun karena kurangnya pasokan darah ke seluruh tubuh akibat tersumbat.

  1. Tengkuk pegal-pegal

Siapa yang sering merasakan pegal secara terus menerus pada tengkuk? Bisa jadi indikasi kolesterol tinggi. Sama seperti sakit kepala, pegal pada tengkuk tentu membuat tersiksa. Hal ini terjadi karena aliran darah dari leher menuju otak tersumbat sehingga terjadi penumpukan di leher.

Baca Juga : Buah Durian Mengandung Kolesterol Gak Sih?

  1. Nyeri dada dan kaki

Kolesterol tinggi juga ditandai dengan nyeri dada dan kaki. Rasanya senat-senut terjadi akibat penumpukan darah pada dada dan kaki sehingga keduanya menjadi berat.

Masih banyak ciri-ciri yang menandakan kolesterol tinggi. Akan tetapi yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat, tidak melupakan olahraga serta memanage stres dengan baik.

==================================================

Support Sosial Media kita juga ya

Website : https://durenwakroban.id/

Facebook :

Instagram : 

Youtube :