Tips Merawat Tanaman Melon Saat Musim Hujan

Mulai bulan november, desember hingga awal tahun biasanya Indonesia mengalami musim hujan. Curah hujan yang tinggi juga berdampak pada tanaman. Seperti yang diketahui, tanah berubah menjadi lebih lembap, sehingga dapat memicu tanaman busuk dan mudah ditumbuhi jamur.

Menanam melon juga tidak sama dengan menanam semangka saat musim hujan. Lalu apakah cara menanamnya melon disamakan saat musim panas? di musim kemarau menanam melon butuh perawatan yang ekstra, namun saat musim hujan merawat tanaman melon tidak sama saat kemarau. Berikut tips merawat tanaman melon saat musim hujan.

Baca Juga : Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Tips Merawat Tanaman Melon Saat Musim Hujan

  1. Membuat Ajir

Ajir dari bambu dapat membantu menanam melon saat musim hujan. Meski membutuhkan biaya produksi lebih namun cara ini dikenal ampuh membuat melon tidak busuk. Sebab buah melon tidak harus menyentuh tanah yang lembap. Pembuatan ajir dinilai bisa mampu mempertahakan 2 sampai 3 buah melon dengan rata-rata berat 2kg.

  1. Meninggikan bedengan

Meninggikan bedengan bertujuan supaya air hujan tidak menggenangi buah melon. maka dari itu disarankan untuk meninggikan bedengan berkisar ½ meter atau kurang lebih 60 cm.

  1. Menyemprot fungisida

Tanah yang lembap akan lebih mudah ditumbuhi jamur, petani perlu melakukan perawatan pada tanaman melon dengan menyemprotkan fungisida supaya tidak ditumbuhi jamur. Lakukan penyemprotan secara berkala setiap 3 sampai 4 hari.

  1. Pemupukan yang benar

Dilansir dari laman ilmubudaya.com cara merawat melon saat musim hujan yaitu dengan pemupukan yang benar. adapun formula yang bisa ditambahkan adalah

  • Penggunaan pupuk NPK sebagai pupuk awal dengan dosis 35 gr
  • Melakukan pupuk susulan, memberi pupuk urea dengan dosis 300 – 400 ml larutan urea dengan konsentrasi 2 kg/ 100 liter, serta pupuk NPK dengan dosis dan konsentrasi yang sama.

Baca Juga : Manfaat Daun Durian Untuk Kesehatan

  1. Rajin merapikan tanaman

Kebersihan lingkungan juga perlu dirapihkan. Para petani harus rajin merapikan tanaman. Banyaknya daun-daun atau kotoran yang ada di sekitar tanaman dapat menghalangi proses fotosintesis. Sedangkan pada saat itu cahaya matahari sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan dan merapikan tanaman agar pertumbuhan buah berjalan optimal.

  1. Memantau perkembangan hama dan penyakit

Meski sudah diberi pupuk, petani harus tetap melakukan pengamatan rutin terhadap tanaman melon, sehingga apabila menemukan adanya bibit-bibit hama atau penyakit bisa dengan mudah ditangani. Buang semua gulma yang mengganggu tanaman, basmi sebelum merugikan dan lakukan sanitasi secara rutin.

Baca Juga : Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Itu dia tips menanam melon saat musim hujan. Jika kamu petani buah melon yuk perhatikan lebih ekstra lagi tanaman melonnya, supaya bisa menghasilkan buah melon yang berkualitas tinggi, yang rasanya manis dan segar serta tidak merugi.

==================================================

Support Sosial Media kita juga ya

Website : https://durenwakroban.id/

Facebook : https://bit.ly/facebookdurenwakroban

Instagram : https://bit.ly/instagramdurenwakroban

Youtube : https://bit.ly/youtubedurenwakroban